PENGARUH PERANG DUNIA I DAN PERANG DUNIA II TERHADAP KEHIDUPAN POLITIK GLOBAL

 

Perang Dunia dan Pengaruhnya Terhadap Kehidupan Politik Global

 

Tragedi kemanusiaan terbesar di dunia adalah terjadinya perang dunia. Terlepas siapa yang memulai, siapa yang benar dan siapa yang salah juga siapa yang menang dalam perang ini, yang pasti jutaan jiwa manusia tercatat telah menjadi korbannya. Tidak hanya korban jiwa dari pihak militer atau sipil yang dipertaruhkan, tetapi juga materi atau biaya yang tidak sedikit jumlahnya.

Tak hanya itu, perang dunia yang terjadi dua kali atau sering disebut perang dunia I dan II juga memberikan pengaruh yang sangat besar bagi perkembangan kehidupan masyarakat global. Terlebih masyarakat dunia dihadapkan pada dua perang dunia, yang tentunya memberikan efek yang sangat signifikan pada semua lini kehidupan manusia, terlebih pada kehidupan politik global. Lalu, seperti apa pengaruh perang dunia I dan perang dunia II terhadap kehidupan politik global? Simak terus pembahasannya ya!

Pemicu Perang Dunia

Perang dunia I merupakan perang saudara antara negara-negara kolonial di Eropa yang berlangsung dari 28 Juli 1914-11 November 1918. Salah satu penyebab terjadinya perang dunia I karena adanya politik mencari sekutu atau aliansi, dimana setiap negara berusaha mencari teman guna menjalin kerjasama untuk memperkuat perlindungan sehingga memunculkan 2 kubu yaitu blok sentral yang didalamnya ada Inggris, Italia, Kanada, dan blok sekutu yang terdiri atas Jerman, Bulgaria, dan Austria-Hongaria.

Disamping itu, penyebab lainnya karena perlombaan senjata terutama di wilayah Eropa, sehingga negara-negara berusaha untuk menciptakan senjata pemusnah masal. Selain itu, adanya pergerakan kebangsaan rakyat di Balkan, dimana gerakan ini mengakibatkan tuntutan rakyat Balkan yang beragama Katolik supaya bisa lepas dari kekuatan Turki Osmani yang menganut agama Islam.

Sedangkan, perang dunia II merupakan perang yang berlangsung mulai 1 September 1939-2 September 1945. Dimana, ada dua kejadian besar di dua kawasan yaitu Eropa dan Asia pasifik. Di Eropa yang menjadi pemicu perang kali ini adalah kegagalan liga bangsa-bangsa dalam menyelesaikan perebutan wilayah Danzig di Polandia, dimana Hitler menuntut Danzig karena penduduknya adalah bangsa Jerman tetapi Polandia menolak tuntutan itu, sehingga negara-negara pendukung LBB terutama Inggris dan Perancis mengumumkan perang kepada Jerman.

Di kawasan Asia Pasifik, ada serangan ratusan pesawat Jepang yang menyerang pangkalan angkatan laut Amerika Serikat di Pearl Harbour, Hawai. Pengeboman tersebut menelan korban jiwa sebanyak 2.402, sedangkan sebanyak 1.282 orang terluka. Disamping itu, meledaknya perang dunia II juga karena adanya Revanche Idea atau politik balas dendam akibat kekalahan pada perang dunia I terutama oleh negara Jerman yang merasa paling dirugikan selama perang dunia I.

Dampak Pada Politik Global

Perang dunia I salah satu bencana kemanusiaan terbesar yang mengakibatkan berbagai dampak bagi kehidupan manusia salah satunya dibidang politik yang mengakibatkan perubahan peta politik dunia. Berbagai dampak yang di rasakan akibat terjadinya perang dunia I antara lain :

  • Tenggelamnya 4 kekaisaran besar di Eropa menjadi negara-negara Republik yaitu Jerman, Austria-Hongaria, Rusia, dan Turki.
  • Munculnya negara-negara baru seperti Italia, Rumania, Polandia, Cekoslovakia, Kroasia, Yugoslavia, Hongaria, Irak, Iran, Yordania, Mesir, Arab Saudi, Syria (suriah), Estonia, Latvia, dan Lithuania.
  • Adanya penyempitan wilayah negara pada pihak negara yang mengalami kekalahan pada saat perang, dan perluasan wilayah bagi negara yang memenangi perang.
  • Lahirnya liga bangsa-bangsa (LBB) yang diprakarsai oleh Presiden Amerika Serikat Woodrow Wilson.
  • Munculnya paham fasis di Italia, Nazi di Jerman, Nasionalisme di Turki, Militer di Jepang, dan Komunis di Rusia.
  • Austria-Hongaria terbagi menjadi beberapa negara pengganti termasuk Austria, Hongaria, Cekoslovakia, dan Yugoslavia.

Sedangkan, perang dunia II yang merupakan perang melibatkan banyak negara di dunia dan menelan korban meninggal sebanyak 62.537.400 jiwa di seluruh dunia, sehingga selain sektor kemanusian dampak dari perang dunia ini merambah ke sektor politik yang mengakibatkan perubahan peta politik hampir di seluruh dunia seperti :

  • Munculnya dua negara adikuasa yaitu Amerika Serikat dan Rusia (Uni Soviet).
  • Terjadinya perang dingin (kondisi keseimbangan buatan yang diliputi rasa ketakutan) antara Amerika Serikat dan Uni Soviet.
  • Munculnya negara-negara merdeka di Asia seperti Indonesia, Filiphina, Pakistan, dan India.
  • Munculnya politik mencari kawan sehingga terbentuk NATO, SEATO, dan METO
  • Munculnya politik pecah belah seperti pembagian Jerman menjadi dua yaitu Barat dan Timur, dan Korea menjadi dua Korea Selatan dan Korea Utara.

 

Comments

Popular posts from this blog

Politik Etis,Pers Membawa Kemajuan dan Kebangkitan Nasionalisme

Kerajaan-Kerajaan Maritim di Indonesia Pada Masa Hindu-Budha (SEJARAH PEMINATAN KLS XI IPS)

Kerajaan-Kerajaan pada Masa Hindu-Buddha